S E A R C H E N G I N E
Diajukan untuk memenuhi salah satu
tugas mata pelajaran TIK
Disusun Oleh :
MA Negeri Talaga
2012/2013
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkankepada tuhan yangmaha kuasa, karena berkat karunianyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berisi mengenai search engine yang sekarang populer di kalangan remaja.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada guru bidang study TIK yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyusun makalah ini. Dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam prose pembuatan makalah ini.
Kami sadar makalah ini jauhdari kesempurnaan. Untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan, untuk kesempurnaan penyusunan makalah selanjutnya.
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................ 1
BAB II ISI
1. Macam-Macam Search Engine .................................................................. 2
2. Sejarah ....................................................................................................... 5
3. Kelebihan Dan Kekurangan ....................................................................... 7
BAB III PENUTUP .......................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Di buatnya makalah ini
sengaja karena untuk memenuhi tugas pelajaran TIK dan menambah kekompakan kami
dalam pembuatan tugas yang membuat kami berinovasi dan kreatif dalam
pembelajaran.
2.
Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini yaitu,
sebagai berikut :
a.
Menambah
wawasan pengetahuan kami
b.
Menambah
pengalaman yang berharga dalam pembelajaran
c.
Meningkatkan
kreativitas dan inovasi baru.
d.
Dll .
BAB
II
ISI
Mesin
pencari yang paling populer ini yang paling banyak memuat informasi internet.
dengan database internet yang sangat banyak, tampilan yang bersahabat, dan
berbagai fitur-fitur pendukungyangsangatoke.
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Salah
satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin
pencari tertua.
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya.
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya.
ALLTHEWEB
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
AltaVista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
ASKjeeves
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did Indonesian independence?)
Lycos
(http://www.lycos.com)
(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
2.Sejarah
Saat awal perkembangan internet, Tim
Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web
yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah
yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2] Dengan
semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi
memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali
digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie
yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf
"v".[3] Archie
dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu
adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika
Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar
direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik
(anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993
dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang
sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang
dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek
riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin
pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di
antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing
bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan
oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun
kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian
meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari
mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang
mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan
versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak
fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai
target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an.
Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui
mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan
mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja,
contoh Northern Light
sebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di
internet.
Buku Osmar R. Zaïane From
Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet
menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin
pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya
mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
Google
Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google
memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan
mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos,
dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang
bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google
mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di
dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang
ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google.
Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu
menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari
yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.
Yahoo
Yahoo raja directori di internet, di
samping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart
berusaha menurunkan nya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah
tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga sehingga
mudah untuk memasukinya, dengan demikian, mendapatkan sebuah daftar pada
direktori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
pada tahun 2001, mesin pencari Google
berkembang besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap
halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis
bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain.
Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari
halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang
bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya
berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang
ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan
hal ini berkembang ke para pesaingnya.
1.
Kelebihan Dan Kekurangan Search Engine
1)
Yahoo
- Kelebihan:
1.
carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
- Kekurangan:
·
Satu
id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
2)
Alltheweb
·
kelebihan
- Kemudahan dalam
mencari.
- Tampilan yang sederhana
seperti Google.
- Alltheweb langsung
menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
- Menu bantuan
terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang
banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
- Kekurangan
- Pencarian yang
lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
- Halaman pencarian
hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
- Pada link-link
yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga
terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb
melakukan update.
3)
Msn
Kelebihan
Kelebihan
- mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file
spesial.
- Kekurangan
- pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil
ditampilkan di halaman MSN.
- Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan
iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari
hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4)
Askjeevs
- Kelebihan
1. Keunggulan
utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
5)
Google
·
Kelebihan
- Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
- lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
- Tampilan yang sederhana.
- Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang
memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat
menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
- Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita
artikel, hiburan dll.
- Kekurangan
- Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin
pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan
yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada
sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
6)
Altavista
- Kelebihan
- keunggulan dalam hal pencarian halaman web,
video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita
pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
- Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang
akan ditampilkan.
- Kekurangan
- Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali
mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya
dengan tema yang dicari.
7) Lycos
- Kelebihan
1.
Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2.
Dalam hal pencarian cepat.
3.
Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan
remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu
terbaru dari para selebritis pujaan.
4.
Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
- Kekurangan
- Untuk mencari berita-berita
aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena
berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
- Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
PENUTUP
1. Kesimpulan
Jadi, search engine berupa mesin pencari
informasi cepat yang sekarang sering
digunakan oleh masyarakat terutama para remaja.
2. Saran
Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk
kita semua, dan penggunaan search engine lebih bisa bermaanfaat lagi.
DAFTAR PUSTAKA
http://harivalcomputer.blogspot.com/2010/03/macam-macam-search-engine-dan.html